Loading

THINSTALL | Cara Membuat Aplikasi Portable

Anda memiliki banyak aplikasi di dalam harddisk PC atau Notebook sangatlah baik untuk kemajuan diri kita, tetapi bagaimana apabila suatu saat Anda harus mengerjakan sebuah projek di suatu tempat akan tetapi Anda tidak berada dekat dengan PC atau Notebook pribadi Anda sedangkan semua aplikasi dan software yang dibutuhkan terinstal di dalamnya ? Anda ingin menginstal aplikasi dan software tetapi Anda tidak memiliki/membawa file setupnya ? Tentu sebuah peluang yang sudah didapat akan tertunda sampai Anda tiba di rumah atau mengambil notebook yang tertinggal bukan ?

Saya akan memberikan solusi yang sangat mudah, cukup bermodalkan USB/Flashdisk dengan kapasitas sesuai kebutuhan seberapa banyak aplikasi yang Anda butuhkan (untuk lebih aman lebih baik memiliki harddisk external)

Saya kenalkan Anda dengan “THINSTALL” = program yang dapat membuat aplikasi portable dengan menipu PC/notebook. To the point saja yach, ikuti saja instruksi yang sudah saya buat (saya menggunakan OS Vista Ultimate)

Instal program THINSTALL terlebih dahulu (seperti Anda menginstal program lainnya)

Setelah selesai jalankan “Setup Capture” bila Anda ikuti defaultnya, silahkan cari di “C:\Program Files\VMware\VMware North Star\Setup capture.exe”

klik next dan ikuti prosesnya.

beri check list seperti gambar.

Setelah sampai tahap “Time to install the aplication(s) you wish to capture”

Silahkan Anda minimize dan lanjutkan dengan instalasi aplikasi yang akan dibuat menjadi portable. Saya memberi contoh dengan instalasi “Any Video Converter”

Instalasi “AVC” selesai, aktifkan jendela “Time to install the aplication(s) you wish to capture” dan klik next. Tunggu sampai proses scanning selesai ya…

Beri check list 3 komponen yang ada, jangan lupa next lagi dan tampil jendela :

Setelah next maka semua file instalasi akan dicopy ke folder yang telah dibuat di Flasdisk atau HD external Anda, silahkan tunggu prosesnya. Klik Finish bila telah selesai ya…!

Buka jendela explorer dan Anda cari folder yang tadi sudah dibuat, buka file dengan nama build.bat (akan tampil Command Prompt) tunggu beberapa saat sampai selesai dan terdapat folder baru dengan nama bin.

Proses pembuatan aplikasi portable telah selesai !

  • Buka C:\Program Files\Thinstall.VS\Captures\Aplikasi yang diinstall (remove only) , kemudian double klik file Package.ini .
  • Ganti CompressionType=None dengan CompressionType=Fast .
  • Ganti DirectoryIsolationMode=WriteCopy dengan DirectoryIsolationMode=Merged .
  • Klik SAVE
  • Copy file ##attributes yang ada di folder %Desktop% ke folder yang terdapat file build.bat.
  • Double klik file build.bat akan muncul tampilan DOS yang kelima, tunggu sampai tampilan dos hilang/selesai.
  • Jika proses selesai akan muncul sebuah folder ‘bin’, di folder ‘bin’ inilah Aplikasi Portable yang nantinya bisa kita jalankan di komputer lain tanpa harus meng-installnya.
  • Silahkan download program THINSTALL di sini.

    Selamat mencoba dan menikmati aplikasi portable ciptaan Anda sendiri smile_shades.

     

    Sourge : BLOGAHOLICSl[dot]WEB[dot]ID

    1 comment:

    1. gan, bisa untuk game yang besar ga? diatas 4GB? apakah work di win 10?

      ReplyDelete