Loading

Mematikan Komputer dari Jarak Jauh

Ada kalanya suatu komputer dalam jaringan tidak bisa bekerja selama 24 jam. Alasannya beragam. Bisa jadi komputer dimatikan, upgrade perangkat keras, instalasi ulang, atau konfigurasi ulang.

Remote Shutdown

Anda sebagai administrator jaringan dapat mematikan komputer di jaringan dari jarak jauh (remote) untuk keperluan tersebut. Untuk melakukannya Anda dapat mengikuti langkahlangkah berikut ini.

1. Buka menu [Start] > [Run] ketik shutdown –i lalu klik [OK].

2. Pada jendela Remote Shutdown Dialog Anda bisa memasukkan komputer yang ingin dimatikan dengan memilih mengklik [Add] jika Anda mengetahui lokasi komputer tersebut atau [Browse] jika Anda tidak mengetahui lokasi komputer tersebut. Cara mencari komputer yang diinginkan adalah dengan memasukkan kategori komputer seperti nama komputer, pemilik dan role lalu klik [Find Now], jika sudah ditemukan tinggal tekan tombol [OK] pada komputer yang dipilih.

3. Jika komputer yang diinginkan sudah dipilih, selanjutnya tentukan tindakan yang perlu dilakukan pada komputer tersebut: shutdown, restart, atau logoff. Setelah itu, beri tanda centang pada pilihan [Warn users of the action] agar pemberitahuan dilakukan pada pengguna komputer berapa detik sebelum komputer dimatikan.

4. Pada bagian Shutdown Event Tracker Anda bisa memilih beberapa alasan, kenapa Anda ingin mematikan komputer tersebut. Hapus tanda centang [Planned] apabila kegiatan tersebut tidak terencana, atau biarkan tanda centang [Planned] bila memang kegiatan tersebut memang terencana. Sebaiknya Anda juga mengisi alasan yang lebih terperinci pada kolom Comment agar pengguna komputer dapat memahaminya.

5. K lik [OK] untuk melaksanakan perintah tersebut.

0 comments:

Post a Comment